Sabtu, 21 November 2009

Tata Surya


image:tata surya1.bmp
Tata surya (bahasa Inggris: solar system) terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua objek yang yang mengelilinginya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, meteor, asteroid, komet, planet-planet kerdil/katai, dan satelit-satelit alami.

Terdapat juga 61 satelit dan asteroid yang tak terhitung jumlahnya.
Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahri adalah bintang yang paling dekat dengan bumi. Di alam raya terdapat banyak sekali tata surya. Kumpulan dari tata surya disebut galaksi. Tata surya kita merupakan bagian dari galaksi bima sakti.


o> Matahari

Matahari adalah benda langit terbesar di Tata Surya. Ia juga bintang yang terdekat dengan bumi. Matahari bergaris tengah 100 kali lebih panjang atau lebih besar daripada bumi. Jadi, andaikan matahari bola voli, maka bumi hanya sebesar kacang yang jauhnya 30 meter dari bola itu. Jarak matahari dengan bumi sejauh 150 juta km. Matahari tersusun atas dua macam gas, yaitu hidrogen dan helium. Temperatur di permukaan matahari mencapai 6.0000C dan di bagian dalamnya lebih panas lagi.

image:sun.png

Ia terdiri atas gas yang sangat panas dan berpijar. Setiap detik, terjadi ledakan diseluruh permukaannya, matahari sendiri merupakan bom nuklir yang sangat besar. Ledakan di permukaannya sama dengan energi yang dipancarkan oleh jutaan bom atom. Mereka menghasilkan kobaran-kobaran api yang besarnya 40 hingga 50 kali besar bumi.

Matahari bagaikan bola api yang memancarkan panas dan cahaya yang sangat kuat dari permukaannya. Jika tidak ada matahari, sepanjang hari akan gelap, dan permukaan bumi akan tertutup es. Yang pasti, tidak akan ada kehidupan di bumi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar